Senin, 04 Juni 2012

Lantai - Marmer, Homegenious Tiles, Parquet atau Karpet?

Pada saat kita memasuki sebuah bangunan, entah itu berupa RUMAH, KANTOR, APARTEMEN, TOKO atau apapun itu, kita akan selalu menginjak lantai bangunan itu.
Untuk mendapatkan lantai yang sesuai dengan kebutuhan bangunan kita tanpa meninggalkan unsur estetika, perlu sekali kita mengetahui macam-macam lantai:

Marmer:

Marmer adalah batuan kristalin kasar yang berasal dari batu gamping atau dolomit. Marmer yang murni berwarna putih dan terutama disusun oleh mineral kalsit.
Marmer atau batu pualam merupakan batuan hasil proses metamorfosa atau malihan dari batu gamping. Pengaruh suhu dan tekanan yang dihasilkan oleh gaya endogen menyebabkan terjadi rekristalisasi pada batuan tersebut membentuk berbagai foliasi mapun non foliasi.
Akibat rekristalisasi struktur asal batuan membentuk tekstur baru dan keteraturan butir. Marmer Indonesia diperkirakan berumur sekitar 30–60 juta tahun atau berumur Kuarter hingga Tersier.
MARMER
 Dari segi harga, Marmer termasuk murah. Pemasangan dan pemeliharaannyapun mudah. Marmer dipakai pada banyak Rumah dan bangunan-bangunan lain, sebagai lantainya.

Homogenious Tile:

Jenis ini memiliki kualitas yang lebih daripada Marmer. Dari segi harga juga lebih mahal sekitar 30 sampai 50 persennya. Tapi untuk penampilah, Homogenious Tile yang sudah dipoles, akan lebih bersinar dan tahan lama tidak cepat memudar sinarnya. Apabila kejatuhan suatu benda berat, Homogenious Tile tidak akan meninggalkan retakan yang besar seperti yang terjadi pada marmer, dan warnanya tetap sama sampai ke dalam-dalamnya.
Salah satu contoh Homogenious Tile
 Dari segi ketahanan, Homogenious Tile lebih banyak dipilih untuk daerah public area atau yang sangat sering menjadi tempat lalu lalang orang banyak.

Parquet atau Parket:

Ini adalah lantai kayu yang tentunya sangat cantik, terutama bila kita ingin menghadirkan suasana yang natural. Biasanya bahan bakunya adalah jenis kayu oak ataupun akasia. Dari struktur natural kayu saja, sudah dapat dibayangkan kecantikannya.

Namun memiliki lantai Parquet, berarti harus siap dengan pemeliharaan yang kontinyu dan tidak dapat mengabaikan adanya rayap yang akan menghabisi kayu-kayu tersebut secara diam-diam. Untuk itu, persiapannyapun harus cukup matang. Dan jangan pernah menumpahkan cairan ke atas lantai Parquet untuk menjaga keawetannya. Untuk itu lantai Parquet tidak boleh dipel dengan menggunakan air.
Lantai Parquet

Jaman sekarang ada Vynil yang menyerupai bentuk atau tampilan Parquet. Lebih mudah dari segi pemasangan dan pemeliharaannya. Tapi tentu saja tidak bisa 100% menyerupai tampilan Parquet.

Karpet :

Ada banyak alasan mengapa dimasa kini orang memilih lantai yang ditutup oleh karpet. Diantara alasan itu adalah: sebagai peredam suara, terutama untuk kantor dengan pegawai-pegawai yang penuh kesibukan. Sementara untuk rumah, sebuah keluarga yang mempunyai anak kecil akan lebih terasa aman bila memakai karpet dibanding permukaan lantai yang keras seperti lantai marmer.
Disamping perawatannya yang juga mudah, lantai dengan karpet dipilih karena keindahannya juga. Apalagi saat ini sudah banyak sekali macam-macam karpet dengan macam-macam harga sesuai jangkauan kita, yang mampu menambah keindahan ruangan.
Ruangan dengan lantai Karpet
 Untuk pemakaian diruangan kantor yang heavy traffic atau banyak orang lalu lalang, disarankan memakai jenis karpet Tile yang berbentu Loop Tile, sekaligus berfungsi sebagai peredam suara. Sedangkan untuk rumah tinggal, dapat memakai karpet yang berbentuk Rug, yang biasanya berbahan lebih lembut dan tebal. Walaupun tidak menutup kemungkinan menggunakan karpet jenis Tile juga untuk rumah.
Keuntungan memakai karpet jenis Tile dibanding kapet gulungan adalah, dengan mudahnya dapat kita bongkar pasang bila kita menginginkannya. Beda dengan karpet jenis gulungan yang sekali ditempatkan, akan sulit untuk di pindahkan ketempat lainnya.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
RENOVASI atau BANGUN BARU, RUMAH, KANTOR, TOKO, APARTEMEN dll, Hubungi:
085213224460 atau 081511586096, E-mail: rumah.rich88@gmail.com.
KAMI SIAP MEMBANTU ANDA dengan budget sesuai yang anda harapkan dan dengan kualitas profesional.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Tidak ada komentar:

Posting Komentar